[REVIEW] Welcome to The Punch (2013)

welcome to the punch 2013IDFL.me MovieMagz

Ditulis oleh : Starkiller ( IDFL MovieMagz Crew)
Download IDFL Moviemagz, klik DISINI

Director : Eran Creevy / Writer : Eran Creevy / Stars : James McAvoy, Mark Strong, Andrea Riseborough & Johnny Harris

Thriler action Eropa selalu menjanjikan sudut pandang yang berbeda dari genre film thriller Hollywood. Seperti halnya film suspense thriler buatan Inggris dan Irlandia ini Welcome To The Punch. Mempertemukan tiga nama aktor ternama James McAvoy, Mark Strong dan David Morrissey dalam sebuah tema balas dendam dan konspirasi tingkat tinggi yang melibatkan kepolisian. Sebuah minimalis thriler yang miskin suspense dan twist tapi lebih berfokus pada perkembangan para karakter dalam filmnya. Tidak ada twist dan kecerdasan muncul dalam cerita yang mampu mengejutkan, adegan baku tembak pun cuma mendapatkan porsi kecil disini. Sebaliknya lebih mengekpose duel acting antara James McAvoy dan Mark Strong sebagai karakter sentral Welcome To The Punch.

Merupakan film kedua yang lahir dari sutradara berbakat Britania Eran Creevy yang sebelumnya sukses membesut Shifty sebuah drama perkotaan yang mendapat banyak apresiasi positif. Sekali lagi Eran Creevy menjadikan kota London sebagi setting dalam film ini, tetapi bukanlah London seperti yang kita kenal. Yang akan kita saksikan adalah London yang tampak sebagai sebuah kota metropolis yang penuh dengan gedung-gedung pencakar langit. Tidak hanya itu dominasi efek warna biru dan gelap akan menghiasi keseluruhan film. Tampaknya Eran Creevy ingin menjadikan Welcome To The Punch sebagai sebuah thriler yang benar-benar kelam. Seperti layaknya thriler Eropa Eran Creevy pun tidak ragu-ragu membuat terbunuh karakter penting ditengah film untuk membuat semakin kelam suasana hati penontonnya.

Cerita dibuka dengan sebuah adegan perampokan yang melibatkan kelompok penjahat dipimpin oleh Jacob Sternwood (Strong). Nama yaitu Jacob Sternwood sudah menjadi sebuah legenda sebagai penjahat yang selalu berhasil dalam aksinya dan tidak pernah tertangkap polisi. Max Lewins (McAvoy) seorang diri nekat mencoba menangkap mereka tanpa mengindahkan perintah menunggu bala bantuan. Sebuah keputusan yang harus dibayar mahal oleh Max, gagal menangkap Jacob dan malah tertembak dilututnya.

Waktu bergulir tiga tahun kemudian, sebuah kejadian tidak terduga ternyata melibatkan Ruan Sternwood (anak Jacob Sternwood), sebuah kesempatan untuk bisa menangkap kembali sang legenda yang telah lama menghilang. Max yang setelah kejadian tiga tahun yang lalu telah berubah menjadi karakter yang mudah terbawa amarah dan sering lepas kendali. Hal yang paling di inginkannya hanyalah untuk bisa menangkap Sternwood dan membalaskan rasa sakit yang dideritanya selama ini. Beruntung dia punya patner Sarah (Andrea Riseborough) yang selalu ada dan mengingatkannya, keduanya juga terlibat hubungan asmara yang sangat sedikit di expose selama film ini. Jacob Sternwood nekat menantang bahaya dengan seisi london yang mengejarnya demi anak kandungnya. Ternyata ada sebuah konspirasi besar di balik tertembaknya Ruan Sternwood, yang kemudian menyeret Max dan Sarah didalamnya. Siapa sebenarnya lawan dan kawan akan terungkap kemudian.

Judul Welcome To The Punch yang dipakai juga terasa terlalu berlebihan saat kamu mengetahui apa itu the punch satu jam kemudian. Dengan mengangkat tema konspirasi seharusnya film ini tampil dengan segala kerumitan dan kejutan, tapi yang ada kemudian kita malah akan disuguhi cerita yang benar-benar datar. Tapi ada sesuatu yang mampu membuat kita tertahan menonton sampai selesai, itu adalah kualitas akting para pemerannya. Dan sekali lagi Welcome To The Punch membuktikan bahwa James Mc Avoy benar-benar selektif dalam memilih film bagus untuk dibintanginya ( attonement, wanted, X-Men: First Class).

Credit terbesar layak diberikan pada Mark Strong yang tampil luar biasa dalam memerankan karakter abu-abu Jacob Strenwood. Sehinga kita akan melihat karakter seorang penjahat yang misterius dan sekaligus penuh kharisma. Welcome To The Punch sebuah action thriler kelam yang minim suspense dan twist tapi sarat dengan emosi. Dengan membawa nama besar Ridley Scott (Alien, Gladiator, prometheus) yang duduk sebagi produser tentu sangat disayangkan untuk melewatkan menonton film yang satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>